Laboratorium lebih dari arti belajar

Setelah dengan pembelajaran dikelas secara konvensional berupa teoritik, mahasiswa fisika unsam juga melakukan praktikum tentang materi yang telah dipelajari dilaboratorium. Diunsam hanya satu laboratorium yaitu UPT. Laboratorium Dasar. Meski disebut lab dasar, namun telah mendukung praktikum fisika lanjut dan terapan. Praktkum di prodi fisika universitas samudra merupakan bagian dari mata kuliah wajib yang ada disetiap semester. Hal ini dikarenakan fungsi dari praktikum itu adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat untuk berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan dan pengkaji gejala-gejala alam.
  2. Mengembangkan keterampilan motorik mahasiswa. mahasiswa akan bertambah keterampilannya dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran.
  3. Memberikan dan memupuk keberanian untuk mencari hakekat kebenaran ilmiah dari sesuatu objek dalam lingkungn alam dan sosial.
  4. Memupuk rasa ingin tahu mahasiswa sebagai modal sikap ilmiah seseorang calon ilmuan.
  5. Membina rasa percaya diri sebagai akibat keterampilan dan pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya.

Proses pembelajaran dilaboratorium juga berbeda dengan dikelas, mahasiswa lebih rileks, lebih dapat berekspresi dan kreatif dalam melakukan kegiatan praktikum, namun demikian tujuan dari praktikum juga terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *