Kuliah Kerja Praktek (KP) Mahasiswa Prodi Fisika Universitas Samudra

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, Prodi Fisika memiliki tujuan untuk meningkatan kompetensi lulusan, maka dalam kurikulum telah disusun perkembangan diri mahasiswa fisika sesuai dengan tuntutan dunia kerja yang kelak akan dihadapi setelah menyelesaikan pendidikannya.

Untuk mewujudkan pelaksanaan program tersebut, maka Prodi Fisika menetapkan mata kuliah Kerja Praktek (KP) bagi mahasiswa, yang implementasinya disesuaikan oleh kompetensi bidang ilmu Prodi. Pada mata kuliah ini, mhasiswa melaksanakan kegiatan kurikuler kerja praktek lapangan pada suatu lembaga ataupun industri sesuai dengan kebutuhan masing-masing prodi. Dengan demikian para mahasiswa akan memperoleh pengalaman, keterampilan serta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan melihat relevansinya di masyarakat maupun melalui jalur pengembangan diri dengan mendalami bidang ilmu tertentu dan aplikasinya.

Pada Semester Genap TA 2017/2018 mahasiswa Prodi Fisika untuk pertama melakukan KP. Kegiatan KP tersebar pada tiga instansi yaitu : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Langsa, PT. Perkebunan Nusantara I (PTPN I) Aceh Tamiang, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Tapanuli Utara.

Adapun nama-nama mahasiswa yang melakukan kerja praktek adalah sebagai berikut;

No. Nama Mahasiswa NPM Tingkat/

Semester

Tempat Kerja Praktek Bidang Minat
1. Saparudin 150603002 III/ 6 PTPN I Fisika Material
2. Muammar Khadafi 150603003 III/ 6 PTPN I Fisika Komputasi
3. Lusia Oktavia Hutabarat 150603001 III/ 6 BNPB Tapanuli Utara Geofisika (Fisika Bumi)
4. Permadi Saputra 150603004 III/ 6 RSUD Langsa Fisika Radiologi

Mahasiswa – mahasiswa ini mengikuti kegiatan KP yang dilaksanakan pada masa libur kuliah, hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat menyelesaikan kegiatan KP sebelum perkuliahan dikampus dilaksanakan. Kegiatan KP mahasiswa Prodi Fisika berjalan selama 4 minggu atau lebih kurang 1 bulan yaitu pada bulan Januari-Februari 2018.

Melalui kegiatan KP yang dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Fisika ini diharapkan aplikasi penerapan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di ruang kelas lebih dapat dipahami dengan terjun langsung ke lapangan. Dalam kegiatannya ini mahasiswa Prodi Fisika diharapkan lebih memahami konsep ilmu, manfaat, dan aplikasi langsung ilmu – ilmu yang telah dipelajari dalam dunia kerja (Rw).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *