JALUR-JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan  Perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan, setelah pendidikan menengah, menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu.

Ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2018. Pertama, jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yaitu seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik pada saat sekolah menegah. Kedua, , jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Ketiga, Seleksi Mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Banyak pilihan prodi yang ditawarkan pada SNMPTN, salah satunya adalah MIPA Fisika di Universitas Samudra. Ilmu fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Fisika mengambil peran penting dalam 400 tahun terakhir ini; dari penemuan Newton mengenai gravitasi hingga Teori Relativitas Einstein. Ilmu Fisika memberikan pengetahuan yang lebih mendetil tentang bumi dan juga turut berperan dalam perkembangan teknologi. Jika Adik-adik menyenangi Ilmu Pengetahuan dan mempunyai rasa ingin tahu terhadap cara kerja dunia di sekitar, mungkin Fisika adalah bidang yang cocok untuk ditekuni.

Ketiga jalur masuk ini sudah diatur Menristekdikti dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor Nomor 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN. Adapun mengenai jumlah alokasi daya tampung 100 persen pada setiap program studi PTN untuk ketiga jalur tersebut, menurut Menristekdikti, SNMPTN paling sedikit 30 persen, SBMPTN paling sedikit 30 persen, dan Seleksi Mandiri paling banyak 30 persen.

Bagi calon peserta dari kalangan keluarga tidak mampu dapat mendaftar Program Bidikmisi dan harus mendaftar terlebih dahulu sebagai Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu ke laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.

Saat ini telah dibuka jalur penerimaan SNMPTN. Informasi tentang jalur ini dapat diperoleh langsung melalui web resmi http://snmptn.ac.id/pengantar.html.

 

Selain itu informasi tentang SNMPTN 2018 juga dapat diunduh melalui klik file PDF dibawah ini (RW).

 Informasi Awal SNMPTN

 

(Sumber; snmptn.ac.id/pengantar.html)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *